Monday, August 20, 2007

Kelinci Idaman


Kelinci itu ternyata makhluk yang unik lho. Bisa diajarin cara pipis yang baik seperti anjing atau kucing. Dan yang paling enak BEBAS TOXOplasma, sehingga aman buat anakku. Jenis kelinci ada bermacam-macam tetapi yang jadi idaman aku dan anakku adalah English Angora. Lucu buanget nget ya kalau hidup di Surabaya apakah bisa bulunya setebal ini. Kan kalo panas bulunya menyusut atau akutempatin di ruang ber AC ya hehe. Oh iya kelinci itu juga harus dimandikan dan dipotong kukunya. Mereka juga butuh minum lho. Pakan kelinci ada yang dari pelet ada yang dari makanan alami. Makanan terbaik adalah hay sejenis rumput, tapi kalo praktis ya pakai pelet. Kalo memberi makan jangan langsung dari kulkas yaa, didiamkan dulu biar kelinci tidak mencret. Kelinci itu paling rentan dengan perutnya. Kalau kalian tempatkan di ruang terbuka ada baiknya ditutup karena nanti bisa pilek. hehe

15 comments:

Anonymous said...

manja jg tuh kelinci ya..
dl punya kelinci sisa percobaan dari kampus..saya lepas di kebun blkg yg banyak sayur dan kangkungnya..tp mungkin mati kedinginan, krn kandangnya dadakan..ihik..

Kobi said...

iya tuh karean kalau melihara kelinci mati terus maka saya belajar mas, eh tahunya kelinci ada yang ekslusif juga dan perawatannya serba wah seperti kucing anggora.....matur nuwun sudah mampir

Anonymous said...

waah kucing apa kelinci tuh? gile bulunya, buat jadiin bantal enak kali tuh

Kobi said...

wah resta memang enak kok bulunya dipakai bantal apalagi dibuat sate keoinci he he salam ONE UNITED

Anonymous said...

wah, aje gile tuh kelincinya pak.
buluna tebal pisan euy:)
tadi kirain boneka, diliat lebih deket kok lucu banget siy:)

waktu kuliah sem 2 neng juga pernah punya kelinci. tapi yang masih kecilnya. karena waktu itu BAB nya banyak banget, neng gak tahan buat mandiin dia pagi pake air dingin.
hasilnya, dianya kedinginan, sampe menggigil..siangnya udah almarhum. sempet kapok.
tapi waktu ultah dihadiahi hamster sama temen. smpat bertahan dalam hitungan minggu, mati lagi gara2 neng hobi kasih kangkung banyak2. hasilnya kandangnya jadi lembab dan hamsternya kedinginan lagi.
abis itu ganti pelihara ikan, pas udah gemuk2nya....waktu musim mati lampu di padang, pas malam mati, airatornya ikut mati, hasilnya...ikannya pada ngambang semua besoknya.
akhirnya neng pilih kura-kura, dan alhamdulillah masih bertahan sampe saat ini.

*lah, kok jadi curhat ya:)

Kobi said...

he he kelinci itu jangan dikasihmakan kangkung ntar mencret lho mbak. Kelinci itu paling lemah sama perutnya jadi sering sekali mencret. Kalo kangkung selain mencret pipisnya bau. Mending carikan rumput, daun lamtoro atau jagung atau sawi. Jadi biar kelinci awet.
Kalo pelihara ikan mas koki mending yang import mbak lebih tahan kalau lampunya mati. Dan kalo mati lampu langsung ganti aja airnya pasti ikannya hidup terus he he

Anonymous said...

trus kalo kelinci mencret itu obatnya apa ya? apa dibiarin aja?

Cavallo said...

Kelinci mencret obatnya dengan mengurangi pakan yang banyak mengandung air dan memnerikan makanan yang kering2 aja dulu kayak pelet. Tapi kalau pengobatan bisa dengan diapet yang dilarutkan dalam sedikit air. Trus kalau udah parah banget n plus2 kembung segala, coba Neostigmin 0,5-1 cc,disuntik. Mencret tu bikin pusing kelinci n pemiliknya. udah banyak kelinciku yang mati gara2 kembung n mencret. Jadi perlu waspada kalau cuaca dingin n berubah2.

Anonymous said...

saya pingin pelihara kelinci tapi berkali-kali mati karena mencret.
gimana ya naggulanginnya karena saya kasihan kalau harus mati lagi.
saya kasih pelet nggak mau daun jambu juga nggak mau. apa sih obat yang praktis?
trims

RR said...

Saya punya kelinci ratusan ekor. Thanks.

eagle said...

gw barusan beli kelinci umur 2 blnaan 3 hari yg lalu.. male n female,dikasih nama sama niece gw,namanya keisya n gerber.. eh pagi tadi mendadak mati yg femalenya, gara gara dia mencret and kembung kali yah ? karena gw kasih sayur poeleng dari kulkas, duh sedih jg gw,waktu aku kelitikin pake wortel n gak mau bergerak dianya...hem, belum sempat kawin malah udah bye bye, yg malenya skrg sendirian deh dia..sedih jg dia,ditinggal sama isterinya..hemm, susah jg yah,pelihara rabbit ini...jd gmn yah doktr, biar dia gk kena mencret,kebetulan ditempatku udaranya dingin, apa harus dikasih selimut yak ?? hemmmm....

Thanks, ..
widiani

Anonymous said...

terus gimana caranya mengobati kelinci yg sudah terlanjur mencret

Kelinci Hias said...

Cakep nih postingannya.

Unknown said...

kok kelinci saya menggigil terus ya abis saya mandiin, gimana cara mengatasinya ?

Kelinci said...

Itu kelinci English Angora yaa
kelinci