Saturday, August 25, 2007

Pencegahan Osteoporosis

PENDAHULUAN
– Osteoporosis masalah : Manula Pria > Wanita
– Silent Disease
– Tujuan : deteksi kesehatan diri dan penanggulangannya
APAKAH OSTEOPOROSIS ITU?
• Sifat khas dengan massa tulang rendah
• Perubahan mikroarsitektur
• Penurunan kualitas jaringan tulang

Resiko Mudah Patah Tulang
AKIBAT OSTEOPOROSIS
• Nyeri tulang
• Tubuh makin pendek
• Tulang mudah patah
BAGIAN TUBUH YANG SERING PATAH TULANG
• Tulang Belakang
• Tulang Pinggul
• Tulang Pergelangan Tangan
DETEKSI OSTEOPOROSIS
• Bone Densitometry
• Laboratorium
• Radiografi
PENCEGAHAN OSTEOPOROSIS
• Pola aktifitas sehari-hari
– Duduk dengan sandaran tegak
– Angkat barang sedekat mungkin dengan tubuh
– Jangan melakukan gerakan memutar
– Hindari lantai licin
– Penerangan cukup
PENCEGAHAN OSTEOPOROSIS
• Mengatur Pola Makan
– Gizi cukup protein, kalsium, dan vitamin D
– Hindari alkohol, rokok, dan kafein

PENCEGAHAN OSTEOPOROSIS
• Melakukan Olahraga Secara Teratur :
– Disesuaikan dengan kondisi
» Senam pencegahan osteoporosis
» Senam penderita osteoporosis
– Ada pemanasan, peregangan, dan pendinginan
– Senam 3-4 kali seminggu diselingi olahraga jalan/jogging
PENGARUH LATIHAN FISIK TERHADAP KESEHATAN TULANG :
• Memperlambat proses penuaan tulang
• Mencegah osteoporosis untuk semua tingkat umur
• Mencegah, bahkan membalik arah, proses penurunan kalsium tulang
KOMPONEN LATIHAN FISIK :
LIMA PRINSIP YANG HARUS DIPERHATIKAN PADA SETIAP PROGRAM LATIHAN FISIK :
• PRINCIPLE OF SPECIFICITY
• PRINCIPLE OF PROGRESSION
• PRINCIPLE OF REVERSIBILITY
• PRINCIPLE OF INITIAL VALUES
• PRINCIPLE OF DIMINISHING RETURNS

PROGRAM SENAM PADA PENDERITA OSTEOPOROSIS :
• SEDERHANA
• MUDAH
• AMAN
• MENYENANGKAN
• INDAH
• MENGIKUTI KAIDAH-KAIDAH ILMIAH

Jenis olahraga untuk pembentukan tulang
Jenis olahraga Sasaran pada tulang
• Lompat tali tl belakang, tl pinggang
• Lari, jogging tl belakang, tl pinggang
• Senam tl belakang, tl pinggang, tl pergl tangan
• Tenis,squash tl belakang, tl pinggang, tl pergl tangan
• Jalan kaki tl belakang, tl pinggang
• Dansa tl belakang, tl pinggang
• Bersepeda tl belakang, tl pinggang
• Berenang tl pinggang
Sumber : majalah Nirmala 2001
LATIHAN PENGUATAN TUNGKAI DAN MENYANGGA BERAT BADAN
• Walking
• Jogging / Running
• Leg Presses
CACAT AKIBAT OSTEOPOROSIS
• Impairment
– Nyeri Tulang
• Disabilitas
– Aktifitas terganggu
• Handicap
– Mengganggu lingkungan
PENUTUP
• Osteoporosis Penyakit dengan gejala tidak terdeteksi
• Proporsi Resiko
– Wanita 50 tahun
– Pria 55 tahun
• Pencegahan lebih penting daripada mengobati

11 comments:

dokterearekcilik said...

Semoga kita terhindar dari osteoporosis........ternyata suaramu boleh juga....ikut indonesia idol aja mas :)

Kobi said...

bisa aja sampeyan mas...itu suara palaing ancur sedunia

Astri said...

aku setuju... suaranya keren jg lho :D gak nyangka
btw, thx postingan artikel osteoporosisnya... jadi bahan bacaan tambahan :D semoga nambah pahala juga bagi2 ilmunya.

Kobi said...

wah astri isok ae rek....iya tri makin senang update nih..he he

neng ika said...

pak dokter yang baek....
neng izin link blogna yak.

trus mau nanya nih, kalo misalnya lutut kanan kita sring banget terasa dingin, bahkan saat panas sekalipun. itu kenapa ya?

Kobi said...

kalau lutut terasa dingin kemungkinan bisa osteoartritis, bisa sistem saraf autononom, bisa strain ligament, bisa laxity. Mungkin bisa hubungi saya di YM mbak

neng ika said...

wah, oke juga tuh. ymnya apaan dok?

Kobi said...

add di kobal2675@yahoo.com

Anonymous said...

Ada satu produk bagus waktu itu saya pernah pakai. Namanya floorsafe. kalau tidak salah alamatnya www.floorsafe-indonesia.com

produk ini membantu mengurangi cidera di atas permukaan lantai yang licin.

iman said...

Dok mau konsul :Apakah kalau sudah terkena osteporosis, masih dapat disembuhkan?

Mia said...

dok tangan saya yg kanan tiba2 terasa spt kram, klo pagi dan malam rasanya sakit banget, itu knpa ya dok?